Home » Sport » Bola » PROFIL NEGARA YUNANI DI EURO 2012

PROFIL NEGARA YUNANI DI EURO 2012

Yunani yang memiliki julukan Ethniki yang kini dilatih oleh Fernando Santos sempat mengejutkan dengan tampil sebagai Juara Piala Eropa 2004. Saat ini mungkin sulit bagi Yunani mengulang prestasi tersebut. Apalagi mereka tampil buruk dalam dua turnamen besar usai menjadi juara Piala Eropa 2004.
Yunani tampil tidak memuaskan di Piala Eropa 2008. Berstatus sebagai juara bertahan, Yunani yang saat itu masih dilatih Otto Rehhagel harus tiga kali kalah di babak penyisihan grup.

Di Piala Dunia 2010, Yunani juga gagal lolos dari penyisihan grup setelah hanya merebut 3 poin.

Yunani lolos ke Piala Eropa 2012 dengan rekor tak terkalahkan. Tergabung di grup F bersama Kroasia, Israel, Latvia, Georgia, dan Malta, Yunani lolos sebagai juara grup. Mereka mencatat rekor 7 kali menang dan 3 kali imbang.

Sempat memetik hasil imbang saat melawan Georgia dan Kroasia, laju Yunani di grup F tak terbendung. Mereka meraih 5 kemenangan beruntun sebelum ditahan 1-1 oleh Latvia. Kepastian Yunani lolos ke Piala Eropa 2012 akhirnya ditentukan di partai pamungkas. Gol telat Angelos Charisteas saat menghadapi Georgia membuat Yunani unggul 2-1 dan memastikan tempat di Piala Eropa.

Kini di Piala Eropa 2012, Yunani berpeluang memperbaiki catatan mereka. Apalagi kekuatan tim di grup A cenderung merata. Ethniki – julukan timnas Yunani – akan menghadapi tantangan Rusia, Republik Ceko dan tuan rumah Polandia.

Leave a Reply