Home » News » Gempa Mexico Lumpuhkan Sistem Transportasi

Gempa Mexico Lumpuhkan Sistem Transportasi

Source : Google.com

Gempa yang mengguncang kawasan selatan dan utara Meksiko, Selasa (20/3) lalu berdampak pada sistem transportasi di negara tersebut. Moda transportasi terpaksa berhenti beroperasi dimana stasiun kereta dan bandara ditutup untuk sementara waktu.

Mexico City pernah rusak parah di tahun 1985 ketika gempa bumi berskala 8,0 skala Richter (SR) menghantam kota tersebut. 10 ribu orang dinyatakan tewas. Dalam beberapa tahun terakhir, Guerrero mengalami berkali-kali gempa kuat, diantaranya pada tahun 1957 terjadi gempa berkekuatan 7,9 SR yang menewaskan sekitar 68 warga. Serta gempa berkekuatan 7,4 SR pada tahun 1995 yang menewaskan tiga orang.

Gempa selasa ( 20/3 ) lalu, merupakan goncangan terkuat yang dirasakan ibu kota sejak gempa berkekuatan 6,5 SR melanda Guerrero pada Desember lalu. Peristiwa tersebut menewaskan sedikitnya tiga orang, namun tidak terdapat laporan kerusakan yang luas.

Geologi Survei AS mengatakan gempa di Meksiko kal ini terjadi dua kali. Gempa pertama berkekuatan 7,4 SR dengan pusat gempa berada 11 mil dari bawah tanah. Kemudian gempa kedua, yakni gempa susulan berkekuatan 5,1 SR.

Leave a Reply